Jumat, 04 Februari 2011

GERAK LOKOMOTOR DENGAN PERMAINAN KECIL SEDERHANA

• Gerak Lokomotor
Nama aktivitas : Berjalan, berlari ke segala arah dengan permainan kecil sederhana (Elang dan Ular).
Kelas : III ( Tiga )
Penjelasan dan gambar :
- Gerak lokomotor dengan permainan kecil sederhana menjala ikan.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kebutuhan.

Cara melakukanya adalah sebagai berikut:
- Pada awal kegiatan siswa dibariskan dan diberi penjelasan dari guru.
- Kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, salah satu siswa dari masing-masing kelompok, satu siswa menjadi elang dan yang lain menjadi ular.
- Siswa yang menjadi elang harus berusaha menangkap ekor/siswa yang paling belakang menjadi ular, sedangkan siswa yang paling depan atau yang menjadi kepala ular harus berusaha melindungi anggotanya dari tangkapan elang.
- Jika siswa yang menjadi elang dapat menangkap ekor ular maka permainan dilanjutkan dengan berganti posisi, siswa yang menjadi elang pindah menjadi ekor ular, dan siswa yang menjadi kepala ular berganti menjadi elang dan seterusnya. Sehingga semua siswa dapat mersakan menjadi elang, kepala ular, anggota ular dan ekor ular.

Gambar 1.






Gambar 2.





Gambar 3.





Gambar 4.





A. Tanggapan Siswa
- Kegiatan lebih terasa menyenangkan, dan lebih menantang
- Tidak bosan, ingin bermain kembali
B. Kesimpulan
Pada dasarnya kegiatan gerak lokomtor dengan menggunakan permainan kecil sederhana siswa akan lebih merasa senang dan lebih bersemangat dalam melaksanakan kegiatan, dibandingkan dengan kegiatan yang di ulang-ulang dan monoton peserta didik akan cepat merasa kurang semangat dan cepat merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar.
C. Saran
Bagi guru olah raga yang mengampu kelas kecil, diharapkan melakukan pembelajaran dengan bentuk permainan kecil sederhana atau dengan sistem perlombaan karena dengan kegiatan ini dapat membuat peserta didik dapat lebih bersemangat dan merasa tertantang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar